24 Tips Merawat Laptop dengan Baik Agar Cepat dan Awet

loading...
Tips Merawat Laptop -- Terdapat berbagai metode yang dapat kita lakukan agar laptop memiliki performa yang optimal dan cepat,  serta juga agar laptop menjadi awet dan tahan lama, dan sebagai pengguna laptop tentu sangat menginginkan agar laptop kita miliki dapat tahan lama. Adapun masalah atau kerusakan pada laptop selain karena memang dari kualitas produknya, juga sangat dipengaruhi oleh cara merawat laptop yang dilakukannya.

24 Tips Merawat Laptop dengan Baik Agar Cepat dan Awet
24 Tips Merawat Laptop dengan Baik Agar Cepat dan Awet

Untuk itu, akan dibahas tentang tips perawatan laptop yang baik dan benar, agar nantinya laptop dapat awet dan terhindari dari yang namanya service-service, berikut di dibawah ini tips-tips nya: 
                                     

1. Hindari medan magnet dengan perangkat laptop

Untuk melindungi laptop serta data yang terdapat di dalam hard disk, maka hindari meletakkan laptop dengan benda  yang mengandung medan magnet, alat-alat yang memiliki medan magnet seperti spiker yang tidak memiliki pelindung (unshielded speaker system), telepon selular, demikian juga ketika ingin mengakses internet dari ponsel, maka Kamu harus meletakan ponsel dalam jarak sekitar 15cm-20cm dari laptop.

2. Perhatikan cara mengelap layar laptop

Hindari menggunakan cairan pembersih asal-asalan yang justru nantinya merusak layar dan laptop secara keseluruhan, sebagai rekomendasi  Kamu bisa menggunakan pembersih kaca, yang disemprotkan pada kain halus atau katun, kemudian poles layar monitor dengan lembut. Perhatikan, jangan menyemprotkan cairan langsung ke layar laptop, yang menyebabkan permukaan LCD  menjadi belang jadinya. Kemudian dalam membersihkan lakukan secara searah, seperti dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan,. Terakhir, jangan menekan terlalu keras dalam memoles layar laptop.

3. Hindari laptop dari panas matahari

Hindari kebiasaan meninggalkan laptop di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari, karena panas yang berlebihan tersebut di dalam mobil membuat kerusakan pada komponen-komponen laptop.

4. Penting menghindari goresan

Sebagai keamanan, maka jauhkan benda-benda tajam dari sekitar laptop, karena jika layar sampai terkena benda tajam maka sangat berbahaya merusak layar laptop, kemudian jika Kamu ingin berpergian maka sediakan tempat atau tas untuk memasukan laptop kedalamnya agar aman.

5. Agar case laptop terlihat cemerlang

Hindari tangan yang kotor dan berminyak memegang laptop, bersihkan dahulu, Kamu harus rajin melakukan hal ini agar laptop tetap terlihat bersih.

6. Cara menyimpan laptop yang baik

Jika ingin menyimpan laptop dalam waktu lama, seperti ketika ingin berpegian dalam waktu lama (berhari bahkan berminggu-minggu), maka lepaskan baterai dan simpan pada tempat yang sejuk dan kering, kemudian pastikan juga bersirkulasi udara yang dalam keadaan baik. Kamu juga bisa menaruh silikon gel untuk menghindari jamur. 

7.  Bersihkan keyboard dengan benar

Keyboard laptop seperti diketahui gampang sekali kotor, untuk membersihkannya dengan menggunakan kuas dan sapukan yang ke sela-sela tombol, dengan tujuan mengeluarkan kotoran di dalam keyboard, Kamu juga bisa memakai vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada disana. Dan disarankan juga memakai proteksi pelindung kibor untuk mencegah kotoran masuk ke keyboard.

8. Hindari menggunakan laptop di atas tempat tidur

Laptop perlu melakukan sirkulasi pertukaran udara diberbagai bagian body-nya, seperti di bagian bawah. Ketika menggunakan laptop di alas yang lembut seperti tempat tidur, sofa, bantal dan semacamnya, maka bagian sirkulasi bawah menjadi tersumbat, sehingga menjadikan laptop tetap panas.

9. Matikan aplikasi yang tidak penting. 

Apabila sedang menggunakan laptop, cek aplikasi yang sedang berjalan, setelah itu tutup aplikasi yang tidak penting atau tidak sedang digunakan, apalagi untuk aplikasi yang memberatkan kerja laptop.

10. Hindari menggunakan Internet saat hujan lebat

Koneksi internet pada dasarnya memiliki pengaruh pada cuaca, sehingga dikhawatirkan ketika mengaktifkan internet saat hujan, dapat menyebabkan jaringan computer tersambar petir, yang memiliki resiko terhadap komputer.

11. Matikan laptop sesuai ketentuan

Jangan pernah mematikan laptop dengan cara yang tidak sesuai prosedur, akan tetapi dengan mengikuti langkah-langkah metode shutdown.

12. Uninstal Program yang tidak berguna atau tidak pernah terpakai

Ruangan harddisk yang terlampau banyak isinya maka membuat sistem harddisk, kecepatan  dan performanya menjadi menurun, karena beban kerjanya yang berat. Biasanya muncul pesan peringatan apabila space harddisk penuh. 

13. Perhatikan ventilasi serta pendingin laptop

Ventilasi yang kurang baik bisa membuat bakal mengakibatkan panas yang berlebih yang dapat mengakibatkan hal buruk yaitu memperpendek umur komponen itu. Untuk itu, jika dapat dilakukan pasang AC di dalam ruangan, sehingga laptop dapat terbantu dingin lebih cepat dari luar.

14. Disk Clean Up pada Harddisk

Saat windows baru diinstal maka registry, cache, dan cookies masih belum ada, tetapi setelah dipakai dalam waktu yang lama untuk browsing, menonton video dan lainnya, maka semua itu akan menumpuk di harddisk, dimana akibatnya membuat kinerja laptop menjadi berat dan lambat, untuk itu hapus data cache, cookies dan lainnya agar laptop menjadi optimal kembali. Kamu dapat menggunakan software gratis seperti CCleaner untuk melakukan tugas seperti ini.

15. Lakukan defragment pada Harddisk

Defrag harddisk berfungsi untuk menata ulang berkas-berkas yang ada pada harddisk, sehingga laptop bisa lebih mudah membacanya, dengan begitu kinerjanya laptop menjadi meningkat dan optimal. Defragment dapat dilakukan sekali dalam 1 atau 2 bulan.

16. Lakukan restart jika sudah lama menggunakan laptop. 

Melakukan restart berguna untuk meningkatkan kinerja laptop, karena laptop melakukan refresh pada dirinya sehingga seperti pada sedia kala, Kamu dapat melakukan refresh jika sudah menggunakan laptop selama 2-3 jam lebih.

17. Minimalkan Startup. 

Aplikasi atau software yang berjalan pada sistem laptop inilah yang membuat beban laptop menjadi berat, pastikan Kamu menjalankan program / software yang diperlukan dan penting saja saat berjalan pada awal laptop startup. Caranya yaitu tekan pada keyboard tombol "windows" + "R" secara bersamaan – Lalu muncul kotak, ketik “msconfig”, lalu tekan "OK". Kemudian pilih startup, setelah itu Kamu mendapati daftar banyak program yang berjalan, Kamu hilangkan centang aplikasi yang tidak ingin berjalan otomatis saat startup.

18. Jauhkan laptop dari benda cair, karena laptop beresiko tinggi menjadi rusak jika terkena air.

19. Gunakan Laptop pada tempat yang permukaan datar.

20. Jangan menggunakan laptop dipangkuan, apalagi dalam waktu yang lama.

21. Hindari banyak terjadi guncangan saat membawa laptop.

21. Usahakan setelah menggunakan laptop, maka tunggu beberapa menit, baru setelah itu di tutup.

22. Gunakan carger yang sama watt dan voltase-nya.

23. Dan kalau bisa jangan menggunakan laptop sambil mengecasnya, karena hal itu dapat membuat baterai menjadi lemah.

24. Gunakan antivirus yang terpercaya, yang dapat mengamankan laptop dari serangan virus.

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: