6 Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Jamur di Lemari

loading...
Menghilangkan Jamur di Lemari -- Jamur ini bisa tumbuh di berbagai tempat, yang juga termasuk pada peralatan furniture seperti lemari, rak televisi, buffet dan banyak lainnya yang merupakan bahan terbuat dari serbuk kayu, tempat yang terbuat dari bahan serbuk kayu itulah yang umumnya ditumbuhi oleh jamur, utamanya lagi jika ruangan tersebut tidak mendapat cahaya matahari, yang merupakan tempat yang lembab.

6 Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Jamur di Lemari
6 Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Jamur di Lemari

Untuk itu, supaya jamur tidak tumbuh diperlukan upaya mengatasi dan mencegah tumbuhnya jamur yang membuat jengkel, karena walaupun telah dibersihkan, akan tetapi jamur tetap saja tumbuh lagi dengan sangat cepatnya.

Dan pada lemari bisa mengotori pakaian disana, dimana hal ini sangat berkemungkinan terjadi karena jamur tumbuh di dinding lemari pakaian, sehingga “memaksa” kita harus mencuci pakaian lagi.

Dan kurangnya ventilasi dan jendela juga membuat sirkulasi udara menjadi tidak optimal, demikian juga masuknya cahaya matahari berguna agar ruangan menjadi kering, sehingga menghambat terbentuknya jamur.

Adapun pertumbuhan jamur berlangsung dengan cepat, hanya dalam hitungan hari. Nah, untuk lemari yang terkena jamur tentunya lumayan mengganggu, bahkan dapat membuat tubuh menjadi gatal, karena jamur nemplok pada pakaian.

Ruangan atau kamar Kamu jika kekurangan cahaya maka dapat membuat jamur tumbuh dengan “subur”, untuk mengatasi lemari yang sering diserang jamur, maka pertama-tama pastikan lemari yang Kamu miliki terbuat dari kayu (bukan besi atau jenis lainnya). Apabila terbuat dari kayu, maka berikut beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan kayu untuk alas lemari

Tujuan memberikan alas pada lemari supaya menahan hawa yang lembab dari lantai di kamar atau ruangan, dengan begitu lemari tidak mudah terkena jamur.

2. Bukalah jendela kamar

Jika memiliki, maka usahakan Kamu rajin-rajin membuka jendela kamar pada setiap hari (pagi hingga sore), hal ini berguna agar menghilangkan hawa lembab yang ada pada ruangan, hawa yang lembab membuat jamur tumbuh dengan sangat cepat.

Selain itu, Kamu dapat memanfaatkan kipas angin untuk mengatasi kelembapan udara, tetapi yang paling utama biarkan udara segar dari luar rumah masuk ke dalam.

3.  Oleskan alkohol pada lemari

Dengan mengoleskan alkohol pada bagian di dalam lemari maka sangat berguna untuk mencegah dan membersihkan jamur, zat alkohol ini nantinya dapat mengguap sehingga lemari tidak lembab, aka tetapi yang perlu diperhatikan bau alkohol lumayan menyengat, sehingga digunakan alkohol dengan tidak berlebihan, yang justru menimbulkan bau menyengat pada lemari.

4. Gunakan melamin / pernis

Selain alkohol, Kamu juga dapat menggunakan melamin / pernis yang juga ampuh untuk menghilangkan jamur pada lemari pakaian, cara penggunaannya oleskan pada seluruh bagian dalam lemari sehingga jamur tidak tumbuh lagi, cara ini cukup ampuh untuk membunuh / menghilangkan jamur di lemari. Tetapi tetap oleskan melamin dengan secukupnya (tidak berlebihan) karena nanti malah lama kering-nya.

5.  Gunakan penyerap lembab

Kamu dapat membeli penyerap lembab yang banyak dijual di pasaran, sehingga Kamu dapat dengan mudah nantinya menyerap hawa lembab yang ada di lemari, sehingga jamur tidak tumbuh lagi disana.

6. Gunakan cairan khusus

Ada banyak merek untuk cairan khusus penghilang jamur di lemari kayu, dijual di toko-toko yang umumnya menjual bahan bangunan, untuk menggunakannya tinggal di-semprotkan saja maka jamur pun menjadi hilang, Kamu dapat juga menggunakan cairan pembersih kaca yang mengandung bahan anti jamur.

Caranya: olesi bagian yang terkena jamur, lalu diamkan sejenak hingga cairan menyerap ke dalam kayu, kemudian gosok dengan spoon atau kain lap. Jika masih ada ulangi hingga seluruh jamur terangkat dari lapisan lemari kayu. Kemudian disarankan menjemur lemari agar cepat kering di bawah terik matahari.

Mencegah tumbuhnya jamur pada lemari

Sebelum lemari diletakan di ruangan, lapisi-lah permukaan lemari yang terbuat dari bahan kayu dengan pernis transparan, bisa juga dengan plitur dan cat kayu. Kamu lapisi baik di bagian maupun luar. Pada lemari berbahan serbuk kayu, maka dipres pelapisnya dengan cat melamin, yang banyak dijual di pasaran.

Untuk lemari berbahan serbuk gergaji, maka jauhkan lemari dari tembok kira-kira 5-10 cm (jangan sampai menempel pada tembak). Letakan-lah pewangi lemari yang serbaguna, kegunaannya selain mengharumkan lemari, juga mencegah lemari “diserang” jamur dan hewan kecil, pewangi mengandung bahan anti jamur, serta bisa mengusir hewan kecil atau serangga.

Serta jangan lupa agar Kamu rutin mengontrol keadaan lemari baik itu bagian dalam maupun bagian luar, Kamu bisa lakukan sebulan sekali.

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: