Cara Mengatasi Komputer Mac Yang Lambat di OS X Yosemite 10

loading...
Pada OS X Yosemite 10 yang dirilis oleh developer Apple yang memberikan beberapa repair atau perbaikan fasilitas dan juga penambahan fasilitas yang baru, seperti fitur emoji dan app Photos dengan iCloud Photo Library. Akan tetapi muncul problem dimana dari pembaruan tersebut, yang sangat terasa masalahnya yaitu kecepatan booting yang menjadi menurun, dan utamanya pada perangkat MacBook Air yang 2012 keatas.

Cara Mengatasi Komputer Mac Yang Lambat di OS X Yosemite 10
Cara Mengatasi Komputer Mac Yang Lambat / lambat di OS X Yosemite 10

Cara mengatasi komputer Mac lemot / lambat di OS X Yosemite 10

Problem seperti masih dapat kita atasi, nah untuk Kamu yang mengalami masalah seperti itu maka perhatikan dengan baik penjabaran di bawah ini.

1. Lakukan penggcek an pada startup Disk

Apabila kamu membuat setting atau pengaturan untuk booting ke sistem OS X yang ada di hardisk external atau dengan memakai mode Targer Disk Mode, maka Kamu perlu mengembalikan setting Startup Disk agar tidak terlalu lama nantinya dalam proses mencari media penyimpanan bootable utama. Untuk melakukannya bukanlah hal yang sulit, yaitu:
  1. Pertama buka aplikasi System Preferences
  2. Lalu pilih
  3. Pilih Startup Disk.
  4. Pilih media penyimpanan utama (hardisk internal)
  5. Terakhir restart komputer.
  6. Selesai.

2. Unduh program supplemental update OS X Yosemite 10

Pihak Apple sebenarnya sudah merilis sebuah program yang bernama Supplemental update OS X Yosemite 10, dimana di dalam penjelasan tentang fitur ini bahwa kegunaannya agar mengatasi program yang pada video driver yang mengacau pada proses startup terjadi. Ukuran dari supplemental update OS X Yosemite 10 tidaklah besar yaitu hanya 1.2 MB, jika Kamu sudah memasang nya maka lakukanlah restart.

3. Jurus andalan, reset PRAM & SMC

PRAM atau yang disebut juga dengan parameter random-access memory, merupakan bagian yang berguna dalam menyimpan beberapa pengaturan, seperti pada info mengenai startup disk, volume dan juga resolusi layar. Dan yang namanya juga mesin dimana tidak ada yang dapat berjalan sempurna dan tidak dapat bertahan secara permanen kestabilannya, maka kita tampaknya perlu mengatur ulang atau mereset. Berikut di bawah ini langkah untuk mereset PRAM:
  1. Pertama-tama matikan komputer Mac jika sedang dalam keadaan hidup.
  2. Kemudian nyalakan kembali, lalu dengan segera tekan dan tahan 4 tombol, yaitu: Option, Command, P, dan R. Tahan terus keempatnya sebelum display berubah menjadi warna abu-abu dan hingga restart dengan mendengarkan suara startup (bunyi: “DONG”) sebanyak 2x.
  3. Setelah itu lepas 4 tombol, dan komputer Mac siap untuk digunakan lagi.

Kemudian untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya tentang persoalan PRAM ini maka dapat diketahui pada halaman resmi OS X Yosemite disini.

4, Lanjut ke reset SMC (System Management Controller).

Dengan melakukan setting berupa reset System Management Controller (SMC) , dimana kegunaannya sangat bermanfaat untuk mengatasi problem pada perangkat keras atau booting yang lambat / lemot. Langsung saja berikut di bawah ini tutorial reset SMC untuk perangkat komputer Mac OS dengan baterai yang tidak dapat dilepas:
Matikan MacBook Pro, MacBook atau MacBook Air milikmu.
Hubungkan ke perangkat MagSafe.
Tekan dan tahan 4 tombol secara bersamaan, yaitu: Shift, Control, Option (terdapat di sisi kiri keyboard) dan power button.
Dengan begitu maka lampu di MagSafe yang terhubung ke komputer menjadi berkedip.
Hidupkan kembali komputer (menggunakan tombol power).

Untuk info lebih jelas dan lengkapnya untuk Reset SMC maka dapat kamu ketahui pada laman yang membahas tentang Resetting the System Management Controller (SMC) disini.

Cara cepat mengtur ulang tampilan launchpad di OS X Yosemite
Sebagai tambahan akan dibahas tentang cara mengatur ulang tampilan launchpad di OS X Yosemite, apabila sering menginstal banyak aplikasi maka launchpad terlihat penuh, sehingga membuat kesan rumit dan terlihat merepotkan, cara instan dan mudah untuk reset tampilan Launchpad di OS X Yosemite, berikut di bawah ini pembahasannya:
  1. Akses aplikasi Terminal dari folder Applications
  2. Lalu pilih Utilities
  3. pilih Terminal.
  4. Copy lalu paste perintah Terminal di bawah, kemudian tekan enter untuk menjalankan perintah tersebut.
  5. defaults write com.apple.dock ResetLaunchPad -bool true; killall Dock
  6. Jika berhasil maka Dock di desktop akan menghilang selama beberapa saat. Tampilan Launchpad juga menampilkan tulisan Loading Applications.
  7. Tunggu Proses yang memakan waktu sekitar 1 menit.
  8. Setelah itu Dock kembali tampil, cobalah masuk ke Launchpad.
  9. Pada halaman pertama tampil dengan aplikasi bawaan dari OS X Yosemite saja. Sisanya ditampilkan pada halaman berikutnya (sesuai aturan abjad). Dan semua folder yang sudah dibuat untuk menyembunyikan aplikasi, tidak lagi terlihat, nah cepat kan?.

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: