Kelebihan & Kekurangan Nokia X Android, dan Spesifikasi - Harga

loading...
Nokia semakin mengembangkan produk-produk canggihnya di pasaran smartphone, dengan meluncurkan Nokia X yang menjadi smartphone Nokia pertama bisa mengakses aplikasi Android. Smartphone yang dipromosikan dengan tagline “Buktiin serunya akses aplikasi Android™ dari Nokia X” ini hadir dengan layar sentuh (full touchscreen) serta desain warna-warni yang terlihat menggembirakan.

Kelebihan & Kekurangan Nokia X Android, dan Spesifikasi - Harga
Kelebihan & Kekurangan Nokia X Android, dan Spesifikasi - Harga

Tampilan awal layar Nokia X bisa dipersonalisasi dengan sesuka hati. Nokia X  ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon S4 Play MSM8225, dengan menggunakan prosesor Dual-core 1.0 GHz, RAM:  512 MB, baterai berkapasitas 1500 mAh,.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia X, serta Spesifikasi & Harga

Untuk masalah aplikasi, Nokia X ini hadir dengan beberapa aplikasi bawaan sosial media seperti yang sudah tidak asing lagi: Facebook, Twitter, WeChat, Viber, dan Skype. Kemudian juga bisa chatting kontak BBM dan Nokia X juga support aplikasi LINE messenger, adapun dalam hal permainan maka Kamu bisa menikmati game Plants VS Zombies 2 di Nokia X. 

Smartphone Nokia dilengkapi aplikasi peta terbaik seperti HERE Maps, yang bisa diakses secara online maupun offline di manapun berada. Pihak Nokia memberikan penawaran berupa penyimpanan gratis hingga 10GB di OneDrive, yang bisa digunakan untuk menyimpan foto, video dan dokumen, serta dapat diakses dari perangkat apapun melalui layanan OneDrive. 

Harga dan Spesifikasi Nokia X

Nokia mempunyai kualitas hardware yang mumpuni, dan dengan dipadukan dengan keterbukaan sistem operasi Android maka menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Menurut beberapa pihak spesifikasi Nokia X yang diusung memiliki kesan nanggung, penasaran ? berikut di bawah ini spesifikasi dan harga, serta kelebihan dan kekurangan Nokia X.

Nokia X dengan desain ala Asha

Secara sepintas body smartphone Nokia X mirip aroma khas Nokia seri Asha dengan memakai desain persegi panjang, dengan sudut yang  menyiku tetapi ada ornamen lengkung di bezelnya. Nokia Android ini menyediakan pilihan warna yang fresh yaitu merah, kuning, hijau dan hitam. Nokia X mengusung layar berukuran 4 inchi, dan resolusinya yaitu 800×480 piksel, kerapatan layar 233 ppi. 

Untuk layar, maka yang digunakan berjenis LCD IPS (In Plane Switch) dengan ada lima titik sentuh. Saya rasa desainnya ini cukup elegan, dimana tetap ada sebuah tombol fisik home berupa Left narrow.

OS Nokia X platform AOSP

Seperti diketahui Nokia dibeli perusahan Microsoft sebagai  monopoli Windows phone, sehingga Nokia masih sangat berhati- hati dalam mengembangkan ponsel buatannya dengan OS Android ini, dimana terlihat jelas tampilan Nokia X yang masih kental dengan aroma Windows Phone. Sehingga Nokia tidak secara full mengadopsi sistem operasi Android,.

Spesifikasi Nokia X di sistem operasi sebuah modifikasi dari Android 4.2 Jelly Bean, disebut dengan Nokia X Platform AOSP atau Android Operating System Projek. Sehingga janganlah heran apabila tidak ditemukan layanan Google yang terintegrasi, yang umumnya seperti Play Store, Google Maps, Gmail, dan lainnya. Layanan yang “berbau“ Google digantikan dengan Microsoft, seperti Nokia Maps here, Nokia Store, Ovi mail, Cloud dan lainnya. 

Pada Nokia X mengandalkan fitur fastlane yang memudahkan pengguna berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Fastlane juga terintegrasi dengan sosial media.

Dapur pacu Nokia X

Apabila dibandingkan antara spesifikasi Nokia X dengan spesifikasi perangkat Android lainnya, maka Nokia X terkesan “nanggung”, dimana hanya menyediakan prosesor dual core Qualcomm Snapdragon S4 dengan kecepatan 1 GHz, dan RAM yang digunakan juga standar yaitu 512 MB. Padahal sistem operasi Android 4.2 (yang digunakan oleh Nokia X) dinilai cukup rakus memory, sehingga nantinya Nokia X terasa kurang responsif. 

Akan tetapi Nokia sudah mengakali dengan menggunakan framework yang berbeda, sehingga dengannya aplikasi dapat lebih ringan berjalan pada sistem

Kamera 3 MP

Kamera sebesar 3 MP ada dibagian belakang. Tetapi tanpa fitur autofocus dan LED flash untuk membantu pencahayaan. Dan tidak ada kamera depan.

Fitur dan Konektivitas
Konektivitas Nokia X dapat dikatakan cukup lengkap, dengan support dual SIM (GSM-GSM) untuk nantinya menggunakan jaringan 3G/HSDPA, lalu ada juga fitur Wifi. Nokia X dapat kita gunakan untuk menginstall beragam aplikasi dari file mentah yang berekstensi .apk.

Kelebihan Nokia X

Nokia dikenal selalu merancang produk-produknya dengan bahan yang berkualitas dan terbaik, demikian juga dengan yang ada pada Nokia X ini. Yang  desain bodinya kokoh dan nyaman digenggaman. Nokia X juga hadir dengan desain body warna-warni yang cerah, dengan begitu terlihat sangat trendy.

Untuk bentangan layar cukup baik, dengan luas ukuran 4 inci, Nokia X mengusung layar bertipe IPS LCD capacitive touchscreen yang mampu menghasilkan resolusi sebesar 800x 480 piksel dengan kerapatan hingga 233 ppi. Sehingga dengannya Kamu bisa menonton video maupun live streaming dengan nyaman dan berkualitas. Nokia X ini pada layarnya juga menawarkan fitur antar muka Nokia X platform 1.0 UI.

Nokia X mendapatkan dukungan chipset Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play yang memiliki prosesor Dual-core berkecepatan 1 GHz Cortex-A5, walaupun tidak istimewa tetapi ini sudah cukup baik  untuk memanjakan Kamu ketika bermain game. Padanya juga disematkan GPU Adreno 203 agar grafis yang ditampilkan sangat bagus dan lancar.

Nokia X dilengkapi sederet koneksi yang lengkap, yang ini sangat bagus, Kamu bisa memaksimalkan jaringan HSDPA yang berkecepatan 7.2 Mbps dan HSUPA yang berkecepatan 5.76 Mbps. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur WiFi didalamnya sebagai alternatifnya, dengan terkoneksi melalui area jaringan hotspot. Untuk keperluan transfer data, support bluetooth v3.0 with A2DP, HS dan microUSB v2.0.

Nokia X memiliki penyimpanan data yang sangat baik, yang dilengkapi dengan memori internal data hingga 4 GB. Apabila masih kurang, support microSD hingga 32 GB.

Kekurangan Nokia X

Performa dapur pacu smartphone ini memang sudah cukup baik, sayangnya performanya tidak diimbangi dengan memori RAM, yang hanya memiliki kecepatan sebesar 512 MB, sehingga akan terasa lambat ketika Kamu multitasking akan.

Nokia sebenarnya selalu membenamkan kamera dengan resolusi tinggi pada smartphone besutannya, contohnya yaitu Nokia Lumia 720 dan Nokia Lumia 820, akan tetapi hanya memberikan kamera dengan ukuran 3 megapiksel pada jenis Nokia X ini, dan semakin buruk dengan tidak adanya fitur autofocus dan LED flash. Sehingga hal ini cukup mengecewakan.

Tidak Ada Fitur dari Google
Walau menggunakan sistem operasi android yang merupakan besutan dari Google, aka tetapi Nokia X tidak membekali fitur dan layanan dari Google, contoh diantaranya play store dan Gmail. 

Kekurangan Nokia X juga pada sektor batu baterai, yang hanya menyematkan baterai Li-Ion 1500 mAh, dimana itu termasuk baterai yang tergolong standar.

Harga Nokia X

Bagi Kamu yang tertarik dengan smartphone “Nokia Android” ini, Nokia X sudah tersedia dan dapat dipesan di pasar smartphone Indonesia. Harganya yang dipatok tergolong cukup terjangkau, yaitu seharga Rp. 1,599,000.

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: