6 Tips Menghemat Memori Internal Android

loading...
Menghemat memori internal Android -- Sekarang ini dapat dikatakan “Apasih yang tidak bisa untuk dimasukan ke dalam ponsel pintar kesayangan?”

Dimana saat ini hampir semua bentuk file hiburan dapat disimpan didalamnya, dari video, audio, foto, file presentasi, PDF, dll. Yang semuanya bisa disimpan dengan rapi di ponsel, dengan syarat ponsel atau gadget Kamu punya ruang penyimpanan yang memadai.

Para pengguna Android mendapatkan banyak pilihan aplikasi yang dapat digunakan secara gratis, yang disamping itu terdapat fitur berbayar untuk memperoleh fitur yang lebih.

Di situs Google Play Store saja terdapat ribuan bahkan jutaan aplikasi yang siap untuk digunakan atau dipasang di Android, aplikasi yang tesedia seperti game, utilities, media sosial, aplikasi kantor dan banyak jenis lainya. Sehingga sering ditemukan pengguna Android bingung untuk memilih aplikasi yang tersedia “terlalu” banyak.

Dan pada sebuah perangkat Android seringnya ditemukan banyak sekali aplikasi yang diinstal disana, sebenarnya sah-sah saja instal banyak aplikasi, hanya saja ada akibat buruknya yaitu Android Kamu menjadi lambat kinerjanya, hal itu karena pengguna sangat banyak menghabiskan kapasitas yang tersedia.

Ditambah lagi jika perangkat Android yang dimiliki hanya punya memori yang terbatas, yang tentunya cukup menjengkelkan, dimana jika memasang aplikasi-aplikasi yang diperlukan hingga memori penuh maka Android menjadi lambat. Untuk itu tampaknya kita perlu untuk menetahui cara menghemat memori internal Android guna mengatasi problem ini.

Tips Menghemat Memori Internal Android

Ketika berbicara mengenai memori maka terdapat 2 buah hal yang terkait dengan itu. Yang pertama memori internal (ROM) dan memori RAM. Adapun ROM ini terkait dengan kapasitas memori yang Kamu gunakan dalam menyimpan data, baik itu berupa file dokumen, gambar, video dan aplikasi.

Adapun RAM merupakan memori yang digunakan untuk pomrosesan data. Semakin banyak aplikasi dipasang di Android maka membuatnya menjadi semakin lambat. Hal itu karena setiap aplikasi yang dpasang akan menggunakan kapasitas RAM sesuai dengan kadarnya masing-masing.

Dengan begitu, upaya dalam menghemat memori internal Android agar smatrphone tidak lemot, hal yang paling simple dilakukan adalah membeli perangkat dengan kapaitas RAM yang besar, dimana kalau kita lihat dari yang sudah ada, terdapat RAM dari 1GB hingga 3GB, dan jika lebih besar lagi kapasitasnya maka lebih baik.

Adapun jika smartphone Kamu hanya diberikan RAM terbatas oleh perusahaan pembuatnya, maka berikut beberapa cara menghemat memori internal Android sehingga Kamu akan terhindar dari yang namanya rasa kesal karena perangkat yang berjalan lambat:

1. Jangan malas dalam membersihkan cache
Cache ini sebenarnya mempunyai kegunaan untuk mempercepat proses dalam penggunaan aplikasi dan juga browsing pada web-web yang telah Kamu kunjungi sebelumnya.

Akan tetapi ada dampak buruk juga dari keberadaan cache, yaitu memakan kapasitas memori internal Android, apalagi jika sudah menumpuk selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun maka ukurannya akan menjadi besar, yang membuat Android Kamu akan terasa lebih lambat karenanya.

Nah, menghapus cache akan memberikan manfaat agar memori internal menjadi lebih lega, untuk melakukannya mudah, yaitu pergi ke menu Setting, pilih general, pilih Apps, lalu pilih pada beberapa aplikasi yang ingin Kamu bersihkan cache-nya, pilih yang terutama memang tidak Kamu butuhkan keberadaannya.

2. Uninstall aplikasi yang tidak dipakai
Terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk perangkat Android milik kita, biasanya saat aplikasi baru sedang booming dan terkenal, maka banyak pengguna lainnya yang latah atau ikut-ikutan memasangnya di Android, yang sebenarnya juga mereka tidak terlalu membutuhkannya.

Hal inilah yang mengakibatkan Android dipenuhi dengan “tumpukan” aplikasi yang sangat banyak, yang ada sebagian aplikasi yang hampir tidak pernah digunakan.

Hal seperti ini tanpa pengguna sadari bahwa tumpukan aplikasi tersebut sudah memakan banya sekali kapasitas memori internal. Maka tidak diagukan lagi dalam upaya menghemat memori internal Android, maka Kamu “diharuskan” memilih beberapa aplikasi yang memang tidak pernah Kamu gunakan alias tidak Kamu butuhkan.

Untuk lebih mudahnya, berikut di bawah ini beberapa tips memilih aplikasi yang perlu dihapus:
  1. Pilih aplikasi berdasarkan tingkat urgensinya, yaitu seberasa sering diguakan, jika tidak pernah sama sekali maka tidak perlu ragu untuk menghapusnya.
  2. Tentukan aplikasi berdasarkan kategorinya, seperti social media, kamera, alat office, produktivitas, aplikasi edit foto, dsb. Kamu disarankan cukup memasang satu aplikasi pada setiap kategori tersebut. Dengan kata lain Kamu perlu uninstall salah satu dari aplikasi yang punya fungsi sama.

Cara uninstal aplikasi, yaitu tekan cukup lama aplikasi pada halaman menu, setelah baru pilih uninstall.

3. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menyimpan semua file di memori eksternal
Pada berbagai jenis ponsel cerdas memberikan kapasitas memori internal yang bermacam-macam, sperti 4 GB, 8GB, 16GB, 32GB dan seterusnya. Dalam pengalaman menggunakan smartphone, maka akan ditemui penggunayang merasa memori internal yang ada masih kurang, sehingga pada smartphone disediakan fitur slot microSD guna menambah kapasitas memori penyimpanan.

Sehingga kamu dapat memanfaatkan fitur slot microSD ini dlaam rangka menghemat memori internal Android. Yang perlu dilakukan yaitu meletakansemua file foto, video, audio, dokumen pada memori eksternal (untuk file khusus Kamu saja yang diletakan di internal, itu pun ukuran filenya jangan besar-besar).

Selain itu untuk mempermudah dalam meletakan file di memori eksternal, maka ubah setting kamera untuk menyimpan hasil jepretan di memori eksternal langsung.

Dengan melakukan ini maka memori internal Kamu dapat terhindar dari kapasitas kepenuhan, metode lainnya yang dapat Kamu lakukan yaitu backup atau memindahkan file ke komputer, laptop atau harddisk eksternal.

4. Gunakan fitur cloud storage
Tentunya smartphone canggih Kamu terkoneksi ke internet, kan? Untuk itu Kamu bisa menggunakan layanan media penyimpanan di internet, yang ini terkenal dengan nama Cloud Storage, terdapat banyak layanan seperti ini di internet yang disdiakan secara gratis, kamu dapat memanfaatkannya untuk menghemat penggunaan kapasitas memori internal Android.

Beberapa layanan cloud storage yang terkenal seperti Google Drive, Dropbox dan OneDrive. Untuk mendapatkan layanannya tersebut cukup mudah, Kamu perlu menggunakan aplikasinya di Android Kamu.

Untuk memperoleh aplikasinya tinggal kunjungi saja Google Play Store, lalu cari nama aplikasinya. Syarat menggunakannya yaitu mendaftar untuk memepoleh akunnya. Syarat lainnya yaitu Kamu perlu koneksi internet untuk meletakan file di layanan tersebut

5. Gunakan aplikasi untuk menghemat memori internal Android

Ada aplikasi Android yang berguna untuk mempermudah Kamu dalam memanage kapasitas memori internal pada smartphone kita. Berikut di bawah ini beberapa aplikasi yang dapat Kamu pilih:

Gallery Doctor
Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan produk antivirus populer yaitu AVG. Menggunakany Gallery Doctor berguna untuk menghemat kapasitas memori milikmu. Adapun Gallery Doctor memiliki kemampuan untuk memfilter file foto-foto yang kurang baik dan tidak layak untuk Kamu simpan, seperti foto yang gambarnya pecah, blur atau tidak jelas, foto yang duplikat dan masalah lainnya.

Download Gallery Doctor di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.flayvr.doctor&hl=en

CCleaner 
Aplikasi cleaner berperan untuk merawat smartphone agar tetap baik dan cepat performanya. Seperti halnya pada komputer, yang jika sudah digunakan dlaam jangka waktu yang lama maka akan muncul junk file (file sampah yang tidak berguna), hal ini juga berlansung pada penggunaan smartphone Android.

Apabila junk file tidak dihapus, mengakibatkan terjadinya smapah file yang menggunung, yang mengakibatkan kapasitas memori internal semakin sempit, dan performa Android Kamu juga melambat karenanya. Peran dari CCleaner adalah menghapus file-file yang kurang berguna di Android milikmu, sehingga manfaatnya yaitu kecepatan Android menjadi maksimal.

Downlaod Ccleaner di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.piriform.ccleaner&hl=en

SD Maid
Aplikasi SD Maid juga dapat diandalkan untuk menghemat penggunaan memori internal di Android, kemampuan dari aplikasi SD Maid yiatu menghapus file sampah berupa file-file dan folder-folder yang ditinggalkan aplikasi yang Kamu sudah uninstall, karena memang kenyataannya bahwa walaupun Kamu sudah menginstal suatu aplikasi, tetapi tidak semua elemen dari aplikasi tersebut yang dihapus.

Download SD Maid di https://play.google.com/store/apps/details?id=eu.thedarken.sdm&hl=en

6. Cegah WhatsApp menghabiskan memori internal Android

Ketika Kamu bersih-bersih media files WhatsApp (WA), maka setelahnya masih ada tugas lainnya yang perlu dilaksanakan, yaitu mencegah aplikasi WhatsApp merebut kembali space yang sebelumnya kamu bersihkan itu.

Karena apabila Kamu tidak melakukan “misi” ini, maka dapat dengan cepat memori internal Android Kamu akan kembali penuh sedia kala. Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu tinggal menonaktifkan auto media download dari app.

Dimana kiriman gambar maupun video dari teman-teman WA pda dasarnya akan secara otomatis terunduh oleh Android Kamu. Yang hal Ini juga termasuk saat Kamu tidak tertarik dengan isinya itu. Adapun file-file tersebut akan tersimpan di memori, yang akhirnya akan menjadi sampah data di Android Kamu.

Untuk mematikan auto media downloading, berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama buka WhatsApp Setting
  2. Pilih Chat Settings.
  3. Setelah itu Kamu buka tap Media auto-download
  4. Kamu nonaktifkan semua tipe automatic media download yang sebelumnya aktif.

Dengan melakukan ini akan menghemat data internet dan juga mencegah data tidak diinginkan masuk ke memori internal Android, karena Kamu bisa memilih untuk mengunduh atau tidak dari gambar dan video yang dikirim teman Kamu. 

loading...
Artikel Terkait: