7 Tips Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat Untuk Kamu Konsumsi

loading...
Tentunya mei Instant seperti mie rebus ini telah menjadi sebuah makanan konsumsi yang disantap sehari-hari oleh masyarakat Indonesia, bahkan juga masyarakat dunia, umumnya apabila memang tidak terdapat lauk pauk yang dapat dimakan, maka mie instan ini dapat menjadi andalan dalam menyajikan makanan secara mudah dan praktis. Ya, karena memang kepraktisannya tersebut mie instan menjadi sangat populer di Negara yang kita cintai ini.

7 Tips Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat Untuk Kamu Konsumsi
7 Tips Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat Untuk Kamu Konsumsi

Di samping itu juta terdapat banyak macam mie instan yang tersedia dengan berbagai rasa yang sangat enak di lidah kita. Nah, dengan segala kemudahannya ini maka mie instan dapat dikatakan dengan kepopulerannya menjadi sebuah makanan pokok bagi banyak orang, hampir setiap hari tidak terlepas dari yang namanya mie, utamanya lagi untuk mereka yang memang belum berumah tangga, seperti para pelajar atau mahasiswa maka sangat tergantung dengan yang namanya mie instan ini untuk mengisi perut mereka yang lapar.

Dengan berbagai kelebihannya, akan tetapi tetap saja kita harus mengetahui bahwa Mie instan ini tidaklah baik jika dikonsumsi berlebihan, hal itu karena kandungan garam (natrium) dan MSG pada mie instan ini yang dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau berlebih, termasuk juga berbagai jenis makanan instal lainnya yang tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau terus menerus setiap hari, pagi dan malam.

Beberapa bahaya dari mengkonsumsi mie instan secara berlebihan yaitu seperti terganggu nya penyerapan nutrisi, resiko terkena kanker, resiko keguguran, gangguan Metabolisme tubuh, kerusakan pada organ tubuh, gangguan pencernaan, obesitas dan dapat merusak sistem pencernaan tubuh

7 Tips Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat Untuk Kamu Konsumsi

Walau begitu  sesungguhnya mengonsumsi mie instan ini dapat kita minimalisir efek buruknya sehingga nantinya mie instan yang kita konsumsi dapat lebih sehat untuk Kamu konsumsi. Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam memasak mie instan agar lebih sehat bagi tubuh, langsung saja berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Jangan sering mengkonsumsi mie instan yang ditambah dengan nasi

Mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, apalagi jika terlalu sering melakukannya, hal itu karena pada Mie instan sudah mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup banyak, sehingga apabila mencampur nya dengan nasi maka dengan begitu kadar gula akan menjadi bertambah banyak, sehingga hal ini tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu jika memang Kamu tipe orang yang suka memakan mie instan yang disertai nasi, maka jangan sering-sering melakukannya.

2. Pastikan mie instan yang Kamu konsumsi benar-benar matang

Kalau kita perhatikan bahwa tidak sedikit orang yang masih memakan mie instan yang ternyata tidak sesuai dengan petunjuk pada cara penyajian mie tersebut, dimana banyak orang yang memakan secara mentah mie instan, yaitu dengan menemukan mie lalu diberikan bumbu, dimana cara mengkonsumsi mie seperti itu sangatlah tidak sehat. Mie instan yang masih dalam keadaan kering haruslah terlebih dahulu diolah hingga matang, serta memiliki tekstur yang lebih gampang untuk dicerna tubuh.

Apabila Kamu mengkonsumsinya secara langsung hal ini amatlah berbahaya karena akan merusak proses pencernaan di dalam tubuh. Untuk itu pastikan untuk memasak mie sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada pembungkus mie, kemudian masukan air sesuai dengan anjuran, kemudian lama memasak mie juga sesuai aturan sehingga matang dengan sempurna. Hal yang sangat dianjurkan yaitu membuang air rebusan mie yang pertama, kemudian Kamu dapat menggantinya dengan air rebusan yang baru sehingga dapat meminimalisir berbagai zat kimia seperti pengawet masuk ke dalam tubuh kita.

3. Hindari makan mie instan menjelang tidur

Hal yang perlu untuk kita ketahui adalah waktu makan mie instan yang baik atau tepat, dimana sangat disarankan Kamu untuk menghindari memakan mie instan ketika sebelum tidur, karena mie instan yang dikonsumsi tersebut nantinya akan berubah menjadi gula, yang tentunya itu tidak bagus jika memakan mie kemudian tidur, terutama di malam hari. Dimana hal tersebut dapat memberatkan kerja dari sistem pencernaan kita dimana pada saat tidur seharusnya tubuh beristirahat secara penuh.

4. Disarankan mengurangi takaran bumbu mie instan

Hal yang cukup mengkhawatirkan dari mie instan yaitu kandungan yang terdapat pada bumbunya tersebut, dimana MSG dan garam menjadi komposisi utama dari bumbu mie instan, asupan garam dan MSG ini perlu diketahui bawah tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi atau melebihi batasan. Untuk itu, Kamu kalau bisa hanya memakai setengah saja dari bumbu mie tersebut, atau juga tidak memakainya sama sekali. Dan Kamu dapat menggantinya dengan bumbu mie instan dengan ramuan sendiri, caranya dapat dengan menghaluskan garam dan merica secukupnya, kemudian juga dapat ditambah dengan larutan kecap atau saus alami dan beberapa bahan lainnya sesuai dengan selera Kamu.

Mungkin rasanya tidaklah seenak dari bumbu aslinya, akan tetapi dengan menggunakan bahan alami maka tentu ini akan lebih sehat bagi kesehatan tubuh.

5. Kamu dapat menambahkan sayur, telur ataupun daging

Mie instan tidak begitu memiliki nutrisi… Itulah pernyataan dari sebagian orang, akan tetapi hal itu tidaklah sepenuhnya benar, dimana mie instan ini merupakan salah satu dari sumber karbohidrat yang dapat mengenyangkan perut. Sehingga dengan begitu Kamu bisa menambahkan bahan makanan yang lainnya.

Beberapanya yang dapat menjadi bahan tambahan dalam mengkonsumsi mie yaitu seperti wortel, sawi, tomat dan sayuran hijau yang lainnya. Kemudian untuk melengkapi kebutuhan protein maka Kamu dapat menambahkan telur, udang, daging ayam yang sudah matang, tahu, tempe atau yang lainnya yang memiliki kandungan protein yang baik.

6. Batasi jumlah konsumsi Mie

Ini dia hal yang sangat penting, seperti diketahui mie instan mengandung bahan kimia yang akan sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, sehingga walaupun mie instan makanan yang sangat populer dan mudah dalam penyajian nya, akan tetapi perlu dibatasi mengkonsumsinya secara terus menerus atau dalam jumlah yang terlalu banyak. Makanlah mie jika memang Kamu sedang malas memasak saja, sehingga hindari mengkonsumsi rutin setiap harinya, bahkan siang dan malam.

7. Ganti air rebusan pada mie

Hal terakhir yang jangan sampai Kamu lupakan yaitu ganti air untuk memasak mie yang kalau Kamu lihat sudah menguning, dengan menggunakan air panas baru di termos air panas milik Kamu, sehingga ini dapat menghindari atau meminimalisir kandungan lilin yang terdapat pada mie untuk masuk ke dalam tubuh, walaupun cara ini tidak dapat 100%.

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: