2 Cara Menambah Memory VGA OnBoard Untuk Bermain Game

loading...
Cara menambah memory VGA OnBoard -- Dengan semakin majunya kualitas grafis atau tampilan pada game, dengan begitu dimana tampilan game-game baru yang memiliki grafis “super” membuat semakin besar juga memory VGA yang akan dituntut untuk digunakan, agar nantinya dapat dengan lancar untuk bermain game tersebut.

Demikian juga dengan berbagai perangkat lainnya seperti RAM, HDD, Processor serta  MotherBoard juga memiliki peran yang besar dalam menjalankan game, khusus tentang  VGA OnBoard maka akan dibahas pada kali ini.

Memory VGA ini memiliki kegunaan sebagai pengolah data grafik, dengan suatu komputer yang mempunyai Memory VGA yang besar, maka dengan begitu akan sangat baik untuk kinerja komputer atau laptop dalam mengolah grafik,

2 Cara Menambah Memory VGA OnBoard Untuk Bermain Game
Cara Menambah Memory VGA OnBoard Untuk Bermain Game

Tidak hanya grafik untuk program game, tetapi juga grafik untuk menjalankan program software. Seperti dijelaskan sedikit di atas, bahwa yang cukup membuat masalah dengan teknologi game yang sangat berkembang cepat, termasuk dalam hal grafik.

Hal tersebut menimbulkan problem berupa munculnya game-game yang berat, sehingga dengan begitu, untuk kita yang  ingin memainkannya maka akan dituntut untuk mempunyai kapasitas Memory VGA yang tinggi.

Jika kapasitas memori VGA tersebut tidak dapat dipenuhi maka game tersebut tidak dapat untuk dimainkan, kalaupun bisa maka jalannya tidak lancar, atau akan sering muncul lag yang tentunya akan menghilangkan kesenangan untuk bermain.

Untuk  yang memiliki budget lebih maka hal seperti ini tidaklah masalah, akan tetapi untuk yang memiliki budget pas-pasan maka membeli VGA baru yang memiliki kualitas tinggi akan sangat menguras isi kantong, padahal ada banyak keperluan lainnya untuk menggunakan uang tersebut.

Untuk itu pada kali ini akan dibahas mengenai cara untuk menambah Memory VGA OnBoard, dimana dengan melakukan metode ini kita nantinya dapat terhindari dari “dipaksa” membeli VGA yang baru, Kamu dapat melakukan pengoptimalan pada memory VGA OnBoard, dengan kata lain juga dapat menjadikan VGA di komputer menjadi Mode Game.

Cara Menambah Memory VGA OnBoard Untuk Bermain Game
Cara menambah Memory VGA OnBoard ini untuk bermain game dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti melakukan share memory RAM ke VGA OnBoard, kemudian juga dapat dengan memakai software Intel Display Adapter Management Tool (IDAMT). Berikut di bawah ini penjelasan dari cara-cara menambah Memory VGA OnBoard tersebut.

Cara 1
Menambah memory VGA OnBoard dengan cara share memory RAM ke VGA OnBoard

Dalam melakukan penambahan Memory VGA OnBoard dengan metode Share RAM, hal yang perlu Kamu lakukan yaitu dengan masuk ke BIOS.

Untuk masuk ke BIOS caranya dengan ketik WIN + R. setelah itu muncul jendela kecil dan terdapat kotak, di kotak tersebut ketik msconfig, setelah itu tekan enter atau klik OK.

1. Muncul jendela baru, disana Kamu perlu centang pada bagian “Safe boot”, lihat gambar di bawah ini.

2 Cara Menambah Memory VGA OnBoard Untuk Bermain Game
Centang pada "Safe Boot"

2. Setelah Kamu mencentang pada Safeboot yang terdapat pada menu Boot option (lihat gambar diatas), lalu Klik tombol Apply, lalu klik OK. Kemudian lakukan restart komputer atau laptop milikmu, dengan begitu Kamu akan masuk ke menu BIOS (karena settingan tadi). Pada bagian BIOS tersebut lakukan langkah-langkah dibawah ini dengan tujuan untuk membagi RAM dengan VGA.

3. Setting Video RAM (VGA Shared Memory Size)

4. Ubah jumlah shared memori sesuai dengan kebutuhan Kamu.

5. Kemudian Save dan Exit.

Yang perlu diketahui bahwa dengan semakin besar RAM pada komputer, maka ini sangat berguna untuk memberikan penambahan yang besar pada Memory VGA. Setelah melakukan setting diatas, maka sekarang Kamu dapat merasakan perbedaan performa yang terjadi pada VGA di komputer Kamu. Jika memang ternyata penambahan memori VGA tersebut masih kurang maka Kamu masih dapat menambah Memory VGA memanfaatkan sebuah program software, namanya yaitu Intel Display Adapter Management Tool (IDAMT), penjelasannya di bawah.

Cara 2
Cara menambah Memory VGA OnBoard menggunakan software IDAMT

Software IDAMT ini memiliki manfaat untuk menambah Memory VGA OnBoard, dimana software Display Adapter Management Tool ini dinilai cukup ampuh, akan tetapi program ini hanya support bagi yang menggunakan VGA Intel, seperti Intel HD Graphics 2000/3000/4000.

Metode yang dilakukan oleh program aplikasi IDAMT ini hanya dengan melakukan pengubahan pada Vertex Processing Mode, dimana itu nantinya dibuat menjadi tidak berjalan sepenuhnya oleh memori VGA, tujuannya dilakukannya adalah untuk pembagian antara VGA dan Memory pada game itu sendiri.

Pengguna dari program IDAMT ini juga tidak memerlukan keahlian khusus, dimana pertama yang perlu dilakukan download software Intel Display Adapter Management Tool ini dahulu, Kamu dapat mendownloadnya disini.

Setelah itu untuk settingnya maka lakukan langkah-langkah di bawah ini.
  1. File yang Kamu download adalah berbentuk file arsip RAR, extract file arsip tersebut hingga Kamu menemukan program Intel Display Adapter Management Tool (IDAMT).
  2. Kemudian Install program Intel Display Adapter Management Tool tersebut.
  3. Jika sudah selesai menginstalnya, maka jalankan software IDAMT tersebut.
  4. Pada program, masuk ke tab Vertex Processing Modes For Selected Executables (Intel Only)
  5. Lalu klik pada Add Executable
  6. Pilih game yang berat ketika dijalankan, lalu klik Open
  7. Lalu klik Change Vertex Processing Mode
  8. Selesai.

Dalam melakukan cara-cara diatas, maka tampaknya cukup efektif untuk menambah Memory VGA OnBoard pada komputer atau laptop milikmu. Ketika memainkan game berat maka akan terasa ringan dan lancar, serta terhindar dari yang namanya lag ketika bermain game.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

loading...
Artikel Terkait: