10 Tips yang penting Diketahui Agar Tidak Salah & Tertipu Saat Beli VGA

loading...
Video Graphics Accelerator (VGA) atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Graphics Processing Unit (GPU) adalah sebuah komponen yang berfungsi menghasilkan grafis yang baik dan stabil pada layar monitor. Perangkat keras yang satu ini menjadi ujung tombak komputer maupun laptop yang kita miliki untuk menghasilkan kualitas gambar yang maksimal, apalagi VGA amat sangat diperlukan untuk para gamer, yang memerlukan VGA dengan spesifikasi tinggi.

10 Tips yang penting Diketahui Agar Tidak Salah & Tertipu Saat Beli VGA
10 Tips yang penting Diketahui Agar Tidak Salah & Tertipu Saat Beli VGA

Terdapat banyak merek dan jenisnya dari kartu memori VGA yang dijual dipasaran, dan juga dengan harga yang bervariasi, sehingga dengan kondisi seperti ini kita dituntut untuk mampu memilih VGA yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas di komputer atau laptop Anda. Apabila bagi seorang gamer, maka memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni adalah hal yang harus dipenuhi agar bisa memainkan game-game yang memiliki kualitas grafis yang tinggi. 

Tips yang penting Diketahui Agar Tidak Salah & Tertipu Saat Beli VGA

Dimana VGA ini menjadi senjata utama untuk mengeluarkan kualitas grafis yang optimal dari suatu game. Pada sebagian besar gamer dan perancang design sangat paham VGA ini menjadi komponen yang sangat penting untuk menunjang aktifitasnya dengan baik. Pada umumnya terdapat dua buah jenis VGA yang ditawarkan di pasaran, seperti NVidia dan ATI, yang keduanya sangat populer, dan sama-sama menampilkan performa yang sangat baik. 

Akan tetapi yang menjadi masalah, banyak yang tertipu dengan iming-iming kualitas tinggi yang diutarakan oleh penjual, sehingga justru membeli VGA yang kurang tepat dan dengan harga yang terlampau mahal.  Pedagang seperti ini disebut dengan pedagang nakal, yang melakukan apa saja agar dagangannya laku, sehingga konsumenlah yang dirugikan.

Agar tidak tertipu saat membeli VGA maka ada beberapa tips untuk mengatasi berbagai  rayuan “gombal” dari para pedagang nakal, sehingga nantinya Kamu bisa membeli VGA yang tepat yang sesuai dengan harapan. Berikut di bawah ini pembahasannya.

1. Pilih Tipe Memori yang sesuai kebutuhan

VGA memiliki jenis memori dari DDR1 sampai GDDR5. Terdapat perbedaan dari jenis-jenis memori yang ada, umumnya dilihat dari kualitas gambar yang ditampilkan, serta kapasitas memori yang tertera disana. Seperti contohnya antara GT240 1024MB DDR3 dan GT240 512MB GDDR5, dimana sebenarnya GT240 512MB memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan GT240 1024MB

Padahal secara penilaian dasar, yaitu dilihat dari kapasitas memorinya GT240 yang 1024 MB jauh lebih besar dari pada GT240 yang 512MB. Untuk itu perhatikan pada permasalahan ini.

2. VGA Support dengan Semua Motherboard

Sebenarnya semua VGA mendapat support dari semua jenis Motherboard, permasalahan yang ada mungkin VGA tidak mendapat support karena slotnya yang tidak sama, sehingga  tidak dapat masuk. Sebelum membeli VGA maka cek slot yang digunakan pada port, apakah itu jenis PCIe atau AGP. 

Perlu kamu perhatikan bentuk slotnya, karena selama slot VGA sama dengan slot yang ada di motherboard, dengan begitu VGA dapat dipakai. 

3. Perhatikan kualitas Bit 

Kualitas Bit dapat mempengaruhi Kecepatan VGA, makanya ada OS dengan 64-bit dan 32 bit. Permisalan-nya besarnya bit diistilahkan dengan lebar jalan raya, dengan semakin tinggi bit maka keluar masuknya kendaraan bisa semakin, sehingga benar-benar meminimalisir terjadinya kemacetan yang ada di jalan. Sehingga Bit benar-benar sangat mempengaruhi kecepatan dan performa VGA.

4. Beli VGA yang memiliki memori besar

Ketika menjalankan program-program berat secara bersamaan, tetapi tidak diimbangi dengan memori VGA yang cukup, maka performa dan kecepatan komputer / laptop yang digunakan menjadi menurun, untuk Kamu yang berpengalaman pada dunia 2D maka tidak terlalu terasa efeknya, akan tetapi untuk pengguna yang seperti perancang 3D ataupun yang bermain game berat (HD) maka terasa sekali beratnya. Untuk itu jika aktifitas Kamu adalah menjalankan program yang brat-berat, apalagi dalam masalah grafik, maka sudah pasti disarankan membeli VGA yang memiliki memori besar, seperti 1 GB atau bahkan lebih lagi..

5. Jangan tertipu dengan besarnya memori VGA

Maksudnya jangan tertipu dengan penggunaan fitur Hyper Memory atau TurboCache, dimana penjual bisa saja mengatakan bahwa VGA dapat dilakukan upgrade hingga 2.8 GB, sebenarnya itu adalah fitur Hyper Memory (milik ATI Radeon) dan fitur TurboCache (milik nVidia. Hyper), dimana itu merupakan fitur VGA yang memakai metode penggunaan sebagian kecil kapasitas RAM, dengan begitu upgrade kapasitas VGA dengan cara menggunakan RAM. Akan tetapi secara performa dan kualitas grafis akan dibawah kualitas VGA dengan memory besar tanpa perlu penggunaan fitur Hyper Memory atau TurboCache.

6. perhatikan model number VGA

Dengan memperhatikan model number dari VGA maka kita bisa mengetahui spesifikasi VGA tersebut, seperti GPU, Clock Rates, Memory Bandwidth dan lainnya yang dimiliki oleh VGA, sehingga dengan memperhatikannya kita bisa menilai tentang cocoknya VG tersebut (yang ingin dibeli) dengan kebutuhan penggunaan.

Selain itu bisa mengetahui VGA yang ingin dibeli termasuk model baru atau sudah ketinggalan jaman yaitu discontinue (sudah tidak diproduksi lagi), dengan via situs informasi di internet. Sehingga kita dapat terhindari dari penjual VGA nakal yang menjual stok VGA lama yang belum laku (dengan harga mahal). 

7. Ketahui spesifikasi PC

Mau sebesar apapun atau sebagus apapun kapasitas VGA, tetapi bila komponen PC lainnya seperti Processor, RAM serta Motherboard kualitas spesifikasinya rendah, maka kemampuan VGA tidak dapat optimal dalam menghasilkan kualitas grafis. Contoh jika masih menggunakan Processor Dual Core, tetapi Kamu sudah membeli VGA mahal dan berkualitas tinggi seperti GTX 780 Ti, maka Kamu tetap saja tidak bisa memainkan game Crysis 3 dengan tingkat kualitas grafis Ultra, karena nantinya game akan tetap patah-patah ketika dimainkan. Sehingga jika kondisinya demikian maka belilah VGA yang kualitasnya dibawah GTX 780 Ti, sehingga bermanfaat untuk menghemat uang.

8. Memasang 2 VGA sekaligus bukan cara yang baik

Memang sekarang ini VGA sudah support agar kita bisa memasang 2 VGA sekaligus pada motherboard, akan tetapi itu sebenarnya hanya memberikan efek peningkatan 30-50% VGA yang kedua. Sehingga, aktualnya Kamu membayar 2 untuk hanya mendapatkan 1,5 saja, sehingga lebih baik memasang 1 VGA saja yang memiliki spec bagus, dengan begitu Kamu memperoleh kemampuannya VGA secara maksimal. Dan menjalankan 2 komponen VGA sekaligus juga memberatkan kerja komputer.

9. Jangan lupa cek VGA terlebih dahulu

Kamu harus memastikan VGA yang dibeli memang dapat digunakan. Karena ada kemungkinan VGA terlalu besar atau terlalu panjang, dan masalah lainnya, baik itu pada casing maupun pada slot yang tersedia di Motherboard. Pastikan juga dalam menggunakan VGA baru, Power Supply bisa kebutuhan listrik komponen, jangan sampai energi listrik yang diperlukan lebih besar dari yang mampu disediakan Power Supply, karena hal itu dapat merusak hampir semua komponen yang ada pada komputer.

10. Cermati sistem pendingin VGA.

Overheat atau panas juga menjadi masalah besar bagi komponen-komponen yang ada di komputer maupun laptop, termasuk VGA. Sebenarnya VGA sudah memiliki kipas bawaan untuk mendinginkan, tetapi kipas yang ada bisa saja tidak mampu mengatasi panas VGA yang berlebih, terutama ketika bermain game HD dengan kualitas tinggi, sehingga beresiko cepat panasnya komponen.

Sebenarnya ada banyak kipas pendingin yang sangat bagus dibandingkan kipas bawaan VGA, sehingga disarankan membeli kipas pendingin yang lebih bagus untuk menjaga VGA yang Kamu beli dengan mahal agar terhindari dari kerusakan dini. 

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: