10 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Smartphone

loading...
Dengan kecanggihan teknologi yang sangat berkembang saat ini, terbukti dengan munculnya berbagai macam gadget, seperti smartphone, banyak membuat orang kecanduan dan sangat berketergantungan dengan keberadaannya.

10 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Smartphone
10 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Smartphone

Dimana banyak orang pada setiap pekerjaan yang dilakukannya selalu membawa yang namanya smartphone ini, hak itu karena memang kecanggihan smartphone yang luar biasa, dan ada juga beberapa aktifitas yang dapat dikendalikan secara mudah hanya dengan bantuan perangkat kecil tapi tangguh ini.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim psikolog University of Derby, menyatakan hasil risetnya yaitu bahwasannya orang kecanduan smartphone maka hal itu dapat mempengaruhi perkembangan psikologi dari karakter para penggunanya. 

Yang lebih lanjutnya, psikolog Dr. Deepika Chopra mengatakan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan disebabkan salah satunya oleh pengaruh jejaring sosial. Dengan terlalu banyaknya jejaring sosial di smartphone, maka dapat menyita waktu para penggunanya dengan lebih banyak. Dimana  porsi waktu penggunaan jejaring sosial ternyata lebih banyak dapat `membunuh` kehidupan sosial penggunanya di kehidupan dunia nyata.

10 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Smartphone

Untuk itu, sudah saatnya kita membatasi penggunaan smartphone agar tidak berlebihan, berikut di bawah agar tidak kecanduan dengan yang namanya gadget atau smartphone.

1. Ketahui waktu pemakaian smartphone Kamu

Cara sederhana untuk mengetahui berapa lama waktu pemakaian smartphone, salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang memiliki kemampuan mendeteksi lamanya waktu pemakaian smartphone, silahkan kamu cari di google.co.id, ada banyak tersedia untuk iOS dan Android secara gratis

Adapun sebagai contohnya, Kamu bisa menggunakan aplikasi QualityTime untuk Android, atau aplikasi Moment untuk platform iOS. Dimana kedua aplikasi tersebut dapat melakukan monitor waktu pemakaian smartphone, dengan menginfokan berapa jam jumlah pemakaian dalam sehari, dan info lainnya. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk memberikan reminder apabila kita terlalu lama menggunakan smartphone.

Download aplikasi QualityTime untuk Android disini

Download aplikasi Moment untuk iOS disini

2. Buatlah aktifitas atau kegiatan

Dengan kecanduan smartphone maka berindikasi ada banyak waktu yang tersita dari aktivitas Kamu, atau Kamu memiliki aktifitas yang perlu dikerjakan, akan tetapi aktifitas tersebut ditunda untuk dilakukan, untuk itu mulai sekarang berusaha untuk mengutamakan untuk menyelesaikan aktifitas atau pekerjaan yang ada. 

Apabila Kamu tidak memiliki aktifitas (waktu kosong), maka berusahalah untuk mencari aktifitas / kegiatan yang bermanfaat, sehingga Kamu tidak lagi selalu terpaku di depan layar smart[hone.

3. Matikan saja semua notifikasi dari aplikasi jejaring sosial

Apabila memang penggunaan tidak terlalu urgent, maka Kamu bisa saja mematikan atau menonaktifkan, aplikasi sosial media yang terpasang di smartphone, sehingga dapat mengurangi kecanduan bermain di situs jejaring sosial.

Karena memang, terkadang notifikasi yang datang kebanyakan dari aplikasi jejaring sosial seperti itu cukuplah mengganggu. Kamu bisa menonaktifkan notifikasi jejaring sosial agar tangan tidak `gatal` membuka berita di jejaring sosial.

4. Berlakukan sistem `waktu bebas smartphone`

Kamu perlu batasi diri Anda dari menempel dan berinteraksi terus dengan smartphone, tetapi kurang dalam berinteraksi di dunia nyata. Seperti ketika berada di meja makan, kamar mandi, membaca buku dan lainnya, maka ketika itu Kamu tidak perlu mengoperasikan smartphone.

Tampaknya cukup perlu memberlakukan waktu bebas smartphone, dimana Kamu dalam satu waktu benar-benar harus terlepas dari perangkat smartphone, untuk fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan. Untuk melakukannya tidaklah sulit, gunakan saja mode Airplane di smartphone ketika sedang beraktifitas, lakukan seperti ini selama 2 jam atau lebih pada setiap harinya, maka cara ini efektif agar Kamu tidak menempel secara berlebihan dengan smartphone.

5. Lebih baik jangan gunakan smartphone sebagai alarm, gunakan saja jam weker

Dengan kecanggihan smartphone, maka kebanyakan dari kita lebih suka menggunakan smartphone sebagai jam weker sebagai alarm di pagi hari. Tetapi jarang dari kita saat bangun tidur, lalu mematikan alarm smartphone, lalu pergi bergegas bangun begitu saja. Yang ada umumnya pengguna smartphone justru menghabiskan waktunya terlebih dahulu untuk melihat-lihat jejaring sosial.

Untuk itu, salah satu cara lainnya untuk membatasi diri dari penggunaan smartphone, yaitu gunakan saja  jam weker sebagai alarm untuk bangun tidur. 

6. Jangan lupa bergaul

Esensi perbincangan yang terjadi di dunia nyata, tidaklah bisa digantikan dengan obrolan yang melalui smartphone atau berkirim pesan. Karena dengan bertatap muka akan memberi lebih banyak pemahaman terhadap apa yang dirasakan oleh lawan bicara, sehingga bisa memberikan respon yang lebih baik dan tepat. Di dunia nyata, komunikasi akan banyak melibatkan bahasa tubuh, yang hal ini tidak terjadi jika hanya bermain di sosial media.

7. Berusaha mengurangi pemakaian smartphone secara bertahap

Menang patut diakui bahwasannya smartphone tetaplah benda yang sangat berguna, sehingga tidak mungkin untuk memaksakan diri sama sekali tidak menggunakannya, dimana apabila melakukan secara tiba-tiba untuk tidak memakai smartphone dari yang semula sudah kecanduan smartphone, maka ini malah dapat merusak secara psikologis. 

Nah, untuk melawan kecanduan ini, maka ada yang menyarankan untuk mematikan handset beberapa menit saja dalam sehari, kemudian lebih lama lagi pada hari-hari yang selanjutnya. Demikian juga pada bermain di sosial media, dan juga game-game dapat Kamu kurangi porsinya secara bertahap, untuk melakukan hal ini maka perlu sungguh-sungguh.

8. Sering Olahraga

Dengan membanyakan berolahraga, maka dapat membantu Kamu agar tidak berlebihan dalam menggunakan smartphone. Dimana olahraga ini dapat membuat perasaan senang, serta mengatasi rasa depresi yang mungkin timbul akibat penggunaan smartphone yang berlebihan tersebut.

9. Tahu tempat-tempat untuk menggunakan smartphone

Sebagai pengguna smartphone hendaknya kita mampu dan menyadari waktu dimana tidak boleh sibuk-sibuk menggunakan ponsel. Beberapa waktu yang perlu dihindari untuk menggunakan smartphone, yaitu ketika berkendara, yang saat berkendara harus benar-benar berkonsentrasi, atau juga saat acara-acara resmi, meeting atau pertemuan penting, maka ketika itu sangat tidak dianjurkan sibuk mengotak-atik smartphone..

10. Gunakan saja ponsel yang memiliki fitur standar

Tentunya kegunaan ponsel yang paling utama adalah sebagai alat komunikasi. Nah., apabila Kamu bukan orang yang sibuk, dan tidak memiliki keperluan yang penting di sosial media, seperti bisnis misalnya, maka gunakan saja  alat komunikasi yang memiliki fitur standar, yang utamanya Kamu gunakan untuk menelepon dan sms. Sehingga dengan begitu, Kamu tidak lagi “tergoda” untuk sibuk dalam waktu yang lama terpaku di depan layar smartphone milikmu.

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: