5 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer (Harddisk, VGA, RAM) untuk Bermain Game & Lainnya

loading...
Terdapat berbagai tujuan dari kita untuk mengetahui spesifikasi komputer, entah itu memori RAM, VGA dan Harddisk.

Seperti  mengetahui spesifikasi komputer agar nantinya dicocokan dengan system requirements yang dipersyaratkan dari suatu software, yang dengan begitu kita dapat memutuskan untuk menginstal software tersebut atau tidak.

Karena jangan sampai kita menginstal suatu software tetapi tidak dapat dijalankan karena spesifikasinya yang tidak sesuai.

Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer
Sumber gambar: Wikimedia.org

Tujuan lainnya yaitu apabila kita tidak mengetahui spesifikasi komputer maka dapat berbahaya ketika mengabaikan system requirements pada suatu software yang dipasang sehingga dapat membuat resiko kerusakan pada komputer.

Bahkan ada yang sampai mati total karenanya, untuk itu hendaknya ketika menginstal suatu software atau game maka hendaknya mengetahui dahulu persyaratan spesifikasinya.

Utamanya pada program game yang umumnya sangat membutuhkan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.

Terdapat banyak cara agar bisa mengetahui spesifikasi yang ada pada komputer atau laptop, seperti dengan menggunakan bantuan software dan juga bisa dilakukan tanpa software-software tersebut, serta juga bisa mengetahui spesifikasi komputer dengan program bawaan sistem operasi windows.

Program atau kode melihat spesifikasi komputer tersebut yaitu adalah dxdiag.exe. 

Melalui dxdiag.exe tersebut Kamu bisa mengetahui jenis sistem operasi, BIOS, Prosesor, VGA, RAM, DirectX dan lainnya, untuk lebih jelasnya berikut cara untuk mengetahui spesifikasi komputer secara detail, dengan menggunakan metode dxdiag tersebut.
  1. Pertama-tama Buka dialog Run (untuk membukanya caranya tekan tombol windows+R.
  2. Setelah kotak dialog Run muncul, lalu ketik dxdiag. Lalu tekan enter.
  3. Setelah itu akan muncul sebuah jendela, yang merupakan jendela yang berisi informasi spesifikasi komputer.
  4. Disana Kamu bisa melihat dengan jelas berbagai informasi, seperti spesifikasi RAM, Harddisk, DirectX dan lainnya, sebagian informasi seperti RAM ada pada tab lainnya, coba Kamu berpindah ke tab lainnya untuk mengetahui informasi tentang spesifikasi komputer dengan lebih lengkap.
  5. Selesai.

Pada tampilan jendela yang muncul tersebut berisi informasi spesifikasi komputer secara detail dan yang kamu butuhkan.

Dengannya Kamu ketika ini menginstal game, maka kamu bisa mengetahui apakah game yang ingin diinstal tersebut dapat dijalankan pada komputer atau laptop tersebut

Atau justru spesifikasinya tidak masuk sehingga kalau begitu jangan diinstal karena akan dapat berakibat buruk pada komputer nantinya.

Adapun informasi mengenai video card atau VGA ada pada tab display, dan pada Tab Sound berisi informasi tentang komponen suara, seperti speaker ataupun sound card. Pada Tab Input berisi informasi seperti keyboard dan mouse.

Cara sederhana
Untuk cara yang kedua ini cukup sederhana, Kamu hanya perlu Klik Kanan pada My Computer (Windows 7) atau This PC (Windows 8).

Kemudian pilih menu Properties.

Kemudian muncul mengenai informasi Windows yang kita gunakan seperti  Processor, RAM dan lainnya.

Menggunakan fitur Windows juga
Langkah-langkahnya yaitu:
  1. Klik Start
  2. Pilih All Programs
  3. Pilih Accessories
  4. Pilih System Tools
  5. Pilih System Information

Setelah itu kamu akan menemukan informasi yang cukup lengkap, berikut di bawah ini beragam penjelasannya:
  • Hardware Resources yaitu sumber daya perangkat keras
  • Komponen perangkat keras komputer
  • Software Environment driver, koneksi jaringan, dan lain-lain
  • Internet Settings untuk pengaturan internet.

Memanfaatkan CCleaner
Sejatinya CCleaner digunakan untuk membersihkan komputer dari berbagai file yang tidak diperlukan, yang sering disebut dengan file sampah, tetapi kalau Kamu perhatikan pada bagian atas aplikasi tersebut, dicantumkan informasi tentang spesifikasi komputer, seperti prosesor yang digunakan, RAM dan lainnya.

Umumnya pengguna komputer menggunakan software CCleaner ini, sehingga dapat memanfaatkannya untuk mengetahui spesifikasi komputer.

Menggunakan software khusus untuk melihat info komputer atau laptop
Salah satu software khusus yang dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi komputer yaitu Speccy, yang memberikan statistik secara rinci pada setiap bagian dari perangkat keras yang ada di komputer, seperti
  • CPU.
  • Motherboard.
  • RAM.
  • Kartu Grafis.
  • VGA.
  • Hard Disk.
  • Optical Drive.
  • Merek dan model Prosesor.
  • Dukungan Audio.
  • Dan lainnya.

Kemampuan lainnya dari Speccy yaitu menambahkan suhu komponen yang berbeda, sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat masalah yang ada.

Secara sekilas, software Speccy mungkin terlihat seperti aplikasi  administrator sistem dan pengguna listrik., Speccy juga dapat membantu penggunaan normal, dalam kehidupan komputasi sehari-harinya, download software Speccy disini

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: