Tips Ampuh Mempercepat Booting Android

loading...
Mempercepat booting Android -- Pernahkah kamu mendengar orang-orang mengatakan booting, yang banyak orang mengeluhkan nya bahwa booting pada perangkatnya terasa lambat. Booting merupakan sebuah proses awal ketika baru pertama kali menyalakan perangkat, baik perangkat PC maupun gadget.

Tips Ampuh Mempercepat Booting Android
Tips Ampuh Mempercepat Booting Android

Yang dengan begitu apabila banyak program dalam perangkat tersebut, maka akan membuat proses booting menjadi lebih berat dan memakan waktu yang cukup lama. Pada saat anda menyalakan perangkat smartphone tentunya kita harus menunggu hingga benar-benar nantinya gadget siap untuk digunakan. Tentunya akan muncul asa bosan ketika smartphone  Android tidak kunjung dengan cepat dapat digunakan, karena waktu booting yang lama.

Untuk mempercepat waktu booting pada smartphone Android bukanlah sesuatu yang  sulit untuk dilakukan. Umumnya ketika booting sampai layar utama, maka sebelum sampai layar utama ada pesan Media scanner is running, yang tentunya menjengkelkan jika lama, bisa hilang mood untuk menggunakan Android jadinya.

Tetapi jika perangkat android berisi data yang sangat banyak maka hal yang wajar proses booting cukup lama, karena perangkat akan terlebih dahulu melakukan proses scanning dari SDcard. Sehingga umumnya proses booting ini sering dikeluhkan oleh pengguna yang memiliki kapasitas SDcard cukup besar, sehingga ada sangat banyak data di dalamnya.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi booting Android yang lama ini, mendisable salah satu service pad android yang memakan waktu lama ketika menyalakan ponsel android, yang service ini yaitu scanning media yang ada di smartphone android, yang mengecek adanya file media di memori ponsel seperti audio, video, gambar, dan data lainnya ketika booting, hal ini yang membuat lama. Apalagi jika file media yang ada sangat banyak.

Sehingga dengan begitu tampaknya perlu mendisable service tersebut. Untuk melakukannya bisa menggunakan bantuan dari software yang bernama Rescan Media Scanner. Sesuai dengan nama aplikasinya tersebut, maka fungsinya yaitu mempercepat booting android dengan melakukan pada service yang berjalan di Android.

Aplikasi Rescan Media Scanner hanya bisa berjalan pada gadget Android telah di root, apabila belum dilakukan, maka root android terlebih dahulu, jika sudah maka kita lanjutkan.

Aplikasi Rescan Media Root ini bisa Kamu dapatkan secara gratis di Google playstore, jika ingin menggunakannya maka kunjungi Google Play Store disini

Berikut di bawah ini cara menggunakan aplikasi Rescan Media Root:

  1. Instal aplikasi Rescan Media Root.
  2. Aktifkan USB Debugging pada smartphone, caranya pergi ke Settings Application –> Development, lalu beri tanda centang pada USB debugging
  3. Buka aplikasi Rescan Media Root
  4. Lalu pilih Disable Media Scanner.
  5. Setelah itu tekan back untuk kembali , dan cek ke media.
  6. Selesai

Yang perlu diketahui bahwa kecepatan booting akan sangat dipengaruhi dari banyaknya file data yang tersimpan, dan juga spesifikasi perangkat android yang digunakan. 

Jika muncul masalah
Ketika menggunakan aplikasi ini, apabila waktu mengakses gallery, audio, video atau media lainnya namun file ternyata tidak ditemukan, maka untuk mengatasinya buka lagi aplikasi Rescan Media Root, yang nantinya akan melakukan scanning secara otomatis. Dan jika tetap tidak muncul, maka pilih Re-enable Media Scanner, lalu hapus aplikasinya.

Mempercepat kinerja Android secara umum


  1. Biasakan untuk menutup semua aplikasi yang sudah selesai digunakan, karena kebanyakan orang beranggapan dengan menekan tombol back atau tombol home maka otomatis aplikasi tertutup, ini adalah salah. Menutup total aplikasi dilakukan dengan fasilitas task manager atau task killer yang ada di sistem Android. 
  2. Cache yang ada di dalam aplikasi tersimpan otomatis di memori internal, sehingga dapat memberatkan kerja memori RAM di Android. Sehingga Kamu dapat menghapus cache untuk mengatasinya, caranya menggunakan aplikasi yang berfungsi sebagai cache cleaner.
  3. Kamu juga dapat menggunakan Clean Master yang berguna untuk membersihkan junk file dan file-file yang tidak berguna lainnya. Aplikasi seperti itu tersedia gratis di Google Play Store.
  4. Gunakan aplikasi yang berfungsi RAM booster (tidak harus) yang banyak tersedia dan gratis di Android Play Store, tetapi sebenarnya kegunaannya  hanya dapat mempercepat Android maksimal 30% dari kecepatan semula. 

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: