VLC Media Player: Software Merekam Layar Komputer dengan Mudah & Memutar Video

loading...
VLC Media Player -- Sebenarnya terdapat banyak perangkat lunak yang dapat digunakan dalam aktifitas screen capture, yaitu merekam layar Komputer ataupun laptop, yang umumnya digunakan bagi kamu yang suka merekam untuk membuat video tutorial, memasak dan banyak tujuan lainnya.

VLC Media Player: Software Merekam Layar Komputer dengan Mudah & Memutar Video
VLC Media Player: Software Merekam Layar Komputer dengan Mudah & Memutar Video

Software tersebut umumnya masing-masingnya memiliki fitur keunggulannya, yang menjadi promosi untuk menarik pengguna komputer untuk menggunakannya, dan diantaranya juga ada software yang memiliki fungsi seperti itu yang berlisensi berbayar, yang tentunya akan memberikan fitur yang sangat canggih.

Dan umumnya orang Indonesia memiliki tingkat kesukaan yang tinggi untuk menggunakan software yang berlisensi  gratis, tentunya yang juga memiliki kualitas yang mumpuni / bagus. Dan salah satunya yang dapat Kamu gunakan yaitu software VLC Media Player.

VLC Media Player: Software Merekam Layar Komputer dengan Mudah & Memutar Video

Software  VLC Media Player ini sebenarnya juga software yang sangat dikenal untuk memutar media video, dan ternyata (banyak yang belum mengetahui) bahwa VLC juga memiliki fasilitas untuk merekam layar desktop komputer atau laptop, yang nantinya bisa dalam bentuk video.

Untuk merekam video dengan menggunakan software VLC Media bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, berikut langkah-langkahnya:
  1. Setelah menjalankannya, buka menu “Media” (yang ada di bagian atas software),  lalu pilih “Open Capture Device”.
  2.  Kemudian pada menu pilihan drop-down di bagian Capture Media, pilih “Desktop”.
  3. Muncul jendela baru, yang  kamu bisa melakukan pengaturan, Kamu dapat memilih frame-rate, yang biasanya memilih pada tingkat 15fps untuk merekam desktop.
  4. Setelah itu pada menu drop-down, terlihat dengan jelas pada bagian bawah ada tombol “Play, kamu klik tombolnya.
  5. Kemudian pilih “Convert”.
  6. Kemudian pada bagian “Destination File”, pilih lokasi menyimpan hasilnya berupa file video yang Kamu rekam
  7. Kemudian klik tombol “Start”, maka proses merekam dimulai.
  8. Untuk menghentikan proses merekam, maka tekan tombol “Stop”.
  9. Nah, dapat merekam dengan sepuasnya, kemudian dapat mengupload hasil karya Kamu ke internet, baik itu ke situs Youtube, facebook, Dailymotion dan lainnya.
  10. Selesai.

Seperti dijelaskan sebelumnya, selain dapat merekam layar desktop, software VLC Media Player juga bisa memutar video, jika ingin mendownload VLC Media Player klik disini

Software lainnya untuk merekam layar komputer / desktop

Ada banyak program untuk merekam video, yaitu:
  1. Camstudio bersifat open source, dengannya Kamu bisa merekam layar desktop, yang setiap tampilan layar yang direkam dapat disertai dengan suara, mouse dan aktifitas lainnya yang dapat kamu atur sendiri.
  2. Krut juga sebuah aplikasi open source dan tentunya gratis, dengannya Kamu dapat merekam tampilan layar komputer dan laptop dengan mudah, dan kelebihannya katanya jarang ngelag karena software Krut bekerja dengan sangat ringan, simple dan mudah digunakan.
  3. TipCam memiliki beberapa fitur yang berguna, seperti dapat melakukan zooming lokasi mouse, bisa crop hasil record dan juga memotongnya.
  4. CaptureFox cukup unik karena merupakan sebuah add-ons untuk mozilla firefox. Dengannya Kamu dapat merekam setiap aktifitas saat menggunakan browser ini. Aplikasi ini sangat ringan karena hanya berupa add-on saja.
  5. BB FlashBack Express sangat baik untuk membuat tutorial di youtube, yang dilengkapi dengan fitur yang lumayan banyak seperti membuat caption, zoom, split video, menggabungkan video.
  6. Windows Encoder Media digunakan cocok untuk membuat video yang high kualitas dari hasil rekaman, juga dilengkapi fitur multichannel sound, Kamu dapat memasukan beberapa suara ke dalam video.
  7. Jing dapat digunakan pada sistem operasi Microsoft dan Mac OS. Dengannya Kami bisa merekam layar  komputer sambil berbicara, bisa juga menambahkan panah untuk menunjukan sesuatu.
  8. Webineria digunakan untuk merekam layar, bisa juga mem-pausenya di tengah jalan kemudian dilanjutkan lagi dengan sangat mudah, hasil rekaman berupa video dengan format .AVI dan .FLV.
  9. BandiCam biasanya digunakan oleh para gamers, yang digunakan untuk merekam aktifitasnya dalam bermain game, terdapat versi gratis dan berbayarnya.
  10. Fraps juga memiliki keunggulan yang tidak kalah dibandingkan BandiCam, dengannya Kamu bisa merekam layar komputer lalu menyimpannya dalam format HD. Lalu dapat juga membuat screenshot, lalu mengeditnya dengan sesuka hati. 
  11. Free Screen Recorder merupakan aplikasi gratisan yang memiliki tampilan sederhana, tetapi dengan fitur cukup memadai, sehingga aplikasi ini cukup digemari. Kamu dapat merekam dengan setting layar full screen atau fixed region.

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: