Cara Defrag Harddisk Komputer Dengan Mudah

loading...
Defrag Harddisk Komputer -- Saat komputer atau laptop terlihat performanya turun dab terasa sangat lambat, maka kita perlu melakukan tindakan untuk memaksimalkan kembali peforma dan kecepatan komputer / laptop, salah satu yang dapat kita lakukan yaitu defragment pada harddisk. Yang kegunaannya untuk menata ulang kembali lokasi file yang ada di harddisk, sehingga nantinya dapat meningkatkan performa dan kecepatan kinerja laptop, yang ,merupakan hal yang sangat kita inginkan tentunya.

Defrag harddisk ini menjadi cara yang tidak sulit untuk kita lakukan dalam merawat PC, dan tidak sedikit pengguna komputer maupun laptop yang belum paham tentang defrag harddisk ini, dimana proses ini cukup perlu untuk dilakukan dalam merawat dan menjaga kesehatan PC .

Cara Defrag Harddisk Komputer Dengan Mudah

Secara otomatis komputer akan mengatur ulang file-file di dalam hard disk sehingga nantinya juga berguna agar proses start up dan membuka program dapat menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan, serta kerja prosesor juga menjadi lebih ringan. Untuk defrag harddisk dengan menggunakan fitur yang ada pada sistem operasi windows, maka caranya di bawah ini:
  1. Pertama-tama Klik Start -> All Program -> Accessories
  2. Lalu pilih System Tool
  3. Pilih program Disk Defragmenter
  4. Setelah itu program disk defragmenter terbuka.
  5. Lalu pilih disk yang ingin Kamu defrag (pilih saja semua disk / drive yang ada di PC)
  6. Klik tombol Analyze Disk
  7. Proses Analyze Disk dimulai, tunggu hingga selesai.
  8. Lalu klik tombol Defragment Disk
  9. Tunggu proses Defragment Disk hingga selesai, waktu prosesnya lumayan lama.
  10. Selesai.

Proses Defrag harddisk memang diakui memakan waktu yang sangat lama, karena memang proses defrag ini adalah proses yang khusus, apalagi menggunakan tools bawaan windows. Nah, agar dapat mempercepat proses defrag harddisk maka dapat memakai software pihak ketiga. Berikut di bawah ini daftar software untuk melakukan defrag harddisk.

Smart Defrag
Smart Defrag termasuk program defrag harddisk populer dan terbaik, yang dapat secara gratis kita gunakan. Smart Defrag support fitur untuk boot defragment secara otomatis setelah komputer menyala, sehingga bekerja secara otomatis tanpa kita sadari dan tanpa disuruh-suruh. Smart Defrag dikembangkan oleh perusahaan IObit, jika ingin mendownloadnya klik disini.

Defraggler
Defraggler bisa dimanfaatkan dalam men-defrag harddisk dengan sangat mudah, yang juga bisa defragment harddisk secara detail, yaitu defrag hingga khusus pada file atau folder tunggal. Software defrag ini ringan berjalan di komputer, fitur didalamnya yang cukup spesial yaitu melakukan defragment secara terjadwal, selain itu tersedia versi portable.

Disk Defrag
Disk Defrag dapat mengoptimasi harddisk komputer dengan melakukan defragmentasi pada harddisk, kemudian dapat juga melakukan defragment secara bersamaan pada partisi harddisk anda. 

Auslogics Disk Defrag
Auslogics Disk Defrag dapat meningkatkan kinerja PC, yang juga sangat baik untuk solusi anda defrag harddisk pada komputer maupun laptop. Auslogics Disk Defrag dapat kamu setting untuk bekerja secara diam-diam, tanpa disuruh-suruh. Sehingga saat PC hidup maka software ini akan membersihkan, merapihkan dan membuat sistem komputermu menjadi lebih ringan berjalan.

WinUtilities Free Disk Defragmenter
WinUtilities Free Disk Defragmenter dapat memberikan analisis secara mendetail dan akurat terhadap harddisk pada proses defrag yang dilakukan, yang dapat Kamu gunakan secara gratis.

Memaksimalkan kinerja komputer atau laptop

Dengan melakukan Defrag maka dapat memaksimalkan kinerja komputer atau laptop, berikut di bawah ini beberapa cara lainnya dalam memaksimalkan komputer dan laptop:
  1. Matikan aplikasi yang tidak penting, ketika menjalankan atau mengoperasikan PC, maka Kamu cek aplikasi yang sedang berjalan dengan melihat task manager (ctrl+Shift+Esc ), lalu tutup aplikasi yang tidak penting. Untuk aplikasi yang sedang tidak digunakan maka klik tombol "End Task" padanya.
  2. Lakukan disk Clean Up pada harddisk, yang bertujuan untuk membersihkan registry, cache, dan cookies yang tidak berguna, yang menumpuk di komputer. Caranya klik start, lalu pilih all program -> pilih accessories -> system tool -> Disk Clean Up.
  3. Hapus Recent Places yang merupakan history penggunaan, yang umumnya tidak penting dan harus di bersihkan, sehingga nantinya dapat memaksimalkan peforma dan kinerja komputer. Caranya: masuk pada My computer, lalu klik Recent place, dan hapus semua file disana.
  4. Gunakan software CCleaner yang dapat membersihkan sampah yang ada pada komputer, sehingga membuat kerja komputer menjadi lebih cepat.
  5. Jika sudah dua jam menggunakan komputer tau laptop , maka sebentar lakukan restart, yang nantinya merefesh komputer dan juga meningkatkan performanya kembali seperti semula, serta agar proses dapat berjalan lancar kembali.
  6. Minimalkan Startup, untuk itu pada aplikasi yang tidak penting, yang hanya membebani proses sistem, maka pastikan program yang penting saja yang berjalan saat awal komputer menyala (start up). Pengaturan ini terdapat pada fitur software CCleaner, penggunaannya sangat mudah.
Semoga bermanfaat

loading...
Artikel Terkait: