Cara Ampuh Mengembalikan File yang Tidak Sengaja Terhapus di Komputer

loading...
Yang namanya kita sebagai manusia tentunya setiap harinya selalu saja pernah berbuat kesalahan, karena itulah manusia tidak ada yang sempurna, walaupun sudah maksimal berusaha tetap dapat terjatuh di dalam kesalahan. Seperti ketika kita menggunakan komputer ataupun laptop, mungkin pernah mengalami data atau file di komputer hilang, atau bisa juga tidak sengaja terhapus, atau juga mengira sudah dibutuhkan sehingga dihapus, padahal masih dibutuhkan dikemudian hari. Banyak faktor yang membuat kita ingin mengembalikan file yang terhapus atau hilang di komputer.

Cara Ampuh Mengembalikan File yang Tidak Sengaja Terhapus di Komputer
Cara Ampuh Mengembalikan File yang Tidak Sengaja Terhapus di Komputer

Demikian juga, file dapat hilang karena ulah virus yang menghapus file secara paksa. Nah, file atau data-data yang penting jika sudah terhapus maka membuat kita khawatir, dengan sangat mengidam-idamkan andaikan file tersebut dapat kembali. Untuk itu, ada cara yang saya kira tidak sulit untuk mengembalikan file yang terhapus, kita dapat menggunakan bantuan dari software Wise Data Recovery, untuk cara penggunaan software Wise Data Recovery dibawah ini:
  1. Pada software Wise Data Recovery pilih direktori yang menjadi letak awal data yang hilang
  2. Lalu jika Kamu masih ingat, Kamu dapat memasukan ketik kata kunci pada nama file yang terhapus.
  3. Lalu klik pada tombol Scan.
  4.  Setelah itu akan muncul berbagai file yang telah kamu hapus, silahkan Kamu cari untuk menemukan data yang dibutuhkan. 
  5. Perhatikan juga, disana ada tiga indikasi warna yang masing-masing ada artinya, warna Merah berarti file sudah dalam keadaan rusak sehingga kecil kemungkinan dikembalikan untuk dapat digunakan, warna kuning berarti masih ada kemungkinan nan file dalam keadaan baik sehingga dapat dikembalikan. Nah yang menyenangkan adalah warna hijau yang berarti 100% data / file dalam keadaan baik dan bisa dikembalikan. 
  6. Setelah Kamu menemukan file yang dimaksud, maka klik kanan, lalu pilih “Recover this item”
  7. Dapat juga Kamu lakukan dengan memberi tanda centang dan klik Recover.
  8.  Kemudian tampil jendela popup yang meminta Kamu memilih folder untuk menyimpan data.
  9. Kemudian Klik tombol OK untuk menjalankan proses recovery.
  10.  Setelah selesai, Kamu akan mendapatkan sebuah pesan yang isinya bahwa proses recovery sudah berhasil dilakukan.
  11. Sekarang Kamu menuju folder tujuan recovery tersebut, maka Kamu sudah dapat menggunakan data atau file tersebut.

Cara Ampuh Mengembalikan File yang Tidak Sengaja Terhapus di Komputer
Software Wise Data Recovery

Hal yang cukup menyulitkan pada proses diatas yaitu Kamu harus mencari pada daftar file yang sudah dihapus (pada aplikasi Wise Data Recovery), dimana disana terkumpul banyak sekali file yang sudah dihapus sejak bertahun-tahun lamanya, sehingga pada proses tersebut akan dibutuhkan kesabaran. Nah jika Kamu ingin menggunakan software Wise Data Recovery ini, maka software ini gratis untuk Kamu download dan digunakan sampai kapanpun, untuk mendownload di situs resminya klik disini.

Semoga bermanfaat.

loading...
Artikel Terkait: